Minggu, 27 Mei 2012

lambang-lambang bahasa dalam logika


Komunikasi antar manusia pada dasarnya terjadi dengan menggunakan tanda-tanda. Setiap tanda hanya mempunyai arti tertentu bagi orang yang memahaminya saja. Penentuan arti atau makna dari suatu tanda selalu memerlukan tiga hal (tem). Pertama adalah suatu “tanda” yakni objek atau peristiwa tertentu yang digunakan atau di pahami. Kedua “sesuatu” (objek atau peristiwa lain) yang ditunjuk oleh tanda (objek atau peristiwa yang digunakan sebagai tanda) itu, “sesuatu” itu adalah makna dari tanda itu. Ketiga “penerjemahan”, yakni orang untuk siapa yang pertama yang menunjuk pada yang kedua.

Pada dasarnya tanda-tanda itu dapat dibedakan dalam dua jenis yakni : (1) tanda-tanda alamiah (natural sign) yang berupa gejala-gejala alamiah atau peristiwa alamiah yang mendahului atau mengungkapkan terjadinya peristiwa alamiah lainnya, misalnya udara mendung tanda akan hujan. (2) tanda konvensiona,l ini diciptakan melalui kesepakatan (konvensi) antar manusia yang dapat saja terjadi secara diam-diam. Tanda konvensional inilah yang disebut lambang atau symbol.

Jadi lambang adalah tanda yang diciptakan dan digunakan manusia untuk mengungkapkan sesuatu atau berkomunikasi melalui konvensi baik secara eksplisit maupun secara implisit (diam-diam). Lambang verbal adalah lambang-lambang berupa perkataan-perkataan. Arti yang dimaksudkan dengan sebuah tanda yang ditentukan oleh konteks dimana tanda itu digunakan.

Lambang nonverbal adalah lambang yang tidak berupa perkataan biasa. Lambang nonverbal tersdiri dari dua macam, yakni lambang stenografis dan lambang ilustratif. Lambang stenografis adalah lambang berupa singkatan-singkatan tertentu atau tanda-tanda singkat lainnya, seperti rambu-rambu lalu lintas yang dicerminkan melalui gambar-gambar sebagai pengganti perkataan-perkataan yang secara langsung mengungkapkan apa yang ingin di lambangkan. Dalam ilmu pengetahuan, lambang stenografis juga digunakana untuk mengungkapkan gagasan-gagasan majemuk secara ringkas, misalnya dalam matematika atau fisika. Lambang ilustratif adalah tanda bagi suatu objek tertentu dengan menunjukkan suatu contoh konkret tanpa memberikan identitas yang jelas. Tujuamnnya adalah untuk membuktikan sesuatu dengan memberikan contoh konkret.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silakan kawan-kawan berkomentar, dan saya mengharapkan saran serta kritikan dari kawan-kawan, karena artikel saya hanya sebatas materi saja, jika kawan-kawan ingin menambahkan, kawan-kawan bisa meninggalkan komentar disini..