ciri-ciri dalam bahasa

8:05 PM

Dalam setiap bahasa selalu terdapat empat unsur pokok sebagai berikut :

SIMBOL, yaitu kata atau frase yang digunakan untuk menyebutkan sesuatu.
OBJEK, yaitu benda yang disebut dengan symbol.
REFERENSI, yakni makna yang menjebatani hubungan antara symbol dan objek yang disimbolkan.
SUBJEK,yaitu individu pelaku yang melakukan atau menciptakan symbol dan menggunakannya pada suatu hal yang khusus.

Semua symbol, yaitu kata-kata atau nama yang digunakan untuk menyebut sesuatu hak biasanya bersifat konvensional. Artinya makna yang dibawanya tergantung pada manusia sebagai subjek. Symbol merupakan wujud dari persetujuan antara subjek yang satu dengan subjek yang lainnya dalam menyebut atau menamai benda-benda, hasil pemikiran dan lain sebagainya. Namun demikian kehadiran atau eksistensi sebuah symbol atau kata tidak sepenuhnya menjamin eksistensi actual benda yang menjadi referensinya. Karenanya, adanya sebuah symbol dalam bahasa yang tidak boleh secara sembarangan dipergunakan untuk membuktikan eksistensi actual objek referensinya.

Bahasa terdiri dari kalimat-kalimat atomic, yaitu pernyataan-pernyataan sederhana dan asli. Pernyataan-pernyataan terdiri dari symbol-simbol atau nama-nama sederhana yang langsung berhubungan dengan objeknya. Peran utama bahasa adalah memberikan gambaran tentang realitas. Bahasa adalah gambar, model atau situasi yang dapat kita alami sendiri secara langsung. Menurut Wittgenstein buah pikiran adalah kalimat yang dengan sensenya. Itu berate bahwa kita tidak mungkin berpikir tanpa menggunakan bahasa sebab buah pikiran atau gagasan hanya terwujud dalam kalimat atau kata. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silakan kawan-kawan berkomentar, dan saya mengharapkan saran serta kritikan dari kawan-kawan, karena artikel saya hanya sebatas materi saja, jika kawan-kawan ingin menambahkan, kawan-kawan bisa meninggalkan komentar disini.. EmoticonEmoticon